selamat datang di blog sebening embun

Friday, April 22, 2011

Peran TIK dalam Pembelajaran Oleh: Fitrianur, S.Pd., M.Pd.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang poluper saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya melalui media internet.
Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi. Melalui TIK siswa akan memperoleh wawasan dan berbagai informasi dalam lingkup yang lebih luas. Semua hal itu tidak akan terjadi dengan sendirinya karena setiap siswa memiliki kondisi yang berbeda antara satu dengan lainnya.
Meskipun TIK telah terbukti banyak menunjang proses pembelajaran anak secara lebih efektif dan produktif, namun di sisi lain masih terdapat kelemahan atau kekurangannya. Oleh karenanya bimbingan dan peran orang tua, guru, dan masyarakat sangat diperlukan sekali dalam mengarahkan mereka ke hal-hal yang lebih positif.
Untuk dapat memanfaatkan TIK dalam memperbaiki mutu pembelajaran, ada lima hal yang harus diwujudkan yaitu: (1) siswa dan guru harus memiliki akses kepada teknologi digital dan internet dalam kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan, (2) guru khususnya harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media TIK, (3) guru perlu memiliki kemampuan dalam mengelola kegiatan pembelajaran secara proporsional, (4) guru harus selalu kreatif dan mampu menghasilkan berbagai karya inovatif dalam bidangnya, dan (5) perlu adanya kerjasama yang baik antara orangtua, masyarakat, dan pihak sekolah.
Demikianlah tulisan yang sangat sederhana ini, dengan harapan semoga bisa memberi manfaat, amiin.

0 comments:

My Photo
Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia
" Less speak more action "
trims gan atas kunjungannya