selamat datang di blog sebening embun

Friday, July 24, 2020

Bakat dan Minat Peserta Didik

Dalam pembinaan karakter peserta didik sangat diperlukan pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler secara berimbang, serasi dan proporsional guna terwujudnya tujuan pendidikan yang diharapkan.
Untuk mencapai hal tersebut tentu diperlukan partisipasi dari peserta didik.  Dan guru harus mampu melihat bagaimana respons peserta didik terhadap pembelajaran.  
Sebagaimana yang kita tahu motivasi, minat dan bakat peserta didik sangat berperan dalam suksesnya proses pembelajaran.  Semakin baik ketiga hal tersebut dimiliki peserta didik maka semakin efektif proses pembelajaran tersebut.
Bakat didefinisikan sebagai kemampuan alamiah atau bawaan untuk memperoleh pengetahuan atau keterampilan yang relatif bisa bersifat umum (misalnya bakat intelektual umum) atau khusus (bakat akademis khusus).  Bakat khusus disebut juga talent.  Bakat yang dimiliki seseorang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar.
Minat adalah suatu keadaan dimana seseorang menaruh perhatian pada sesuatu dan disertai dengan keinginan untuk mengetahui, memiliki, mempelajari dan membuktikan.  Minat terbentuk setelah diperoleh informasi tentang objek atau kemauan dan keterlibatan perasaan, diiringi perasaan senang, terarah pada objek atau kegiatan tertentu dan terbentuk oleh lingkungan.   
Dalam proses pembelajaran antara bakat dan minat berperan dalam menyukseskan tercapainya tujuan pembelajaran bagi peserta didik.  Dengan adanya kedua hal tersebut, proses pembelajaran akan dapat efektif dan dipastikan proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan hasil belajar juga optimal.

0 comments:

My Photo
Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia
" Less speak more action "
trims gan atas kunjungannya