selamat datang di blog sebening embun

Wednesday, April 4, 2018

Sejarah berdirinya SMK Negeri 1 Tarakan


SMK Negeri 1 Tarakan berdiri pada tahun 1973 waktu itu bernama SMEA Harapan berstatus sekolah swasta, berlokasi di Karang Balik dengan meminjam gedung untuk belajar. Pada saat itu Kepala Sekolah SMEA Harapan bernama bapak Husein Gani.  Jurusan yang ada pada waktu itu hanya jurusan Tata Buku dan jurusan Tata Niaga.  Kemudian pada tahun 1975 SMEA Harapan mencanangkan untuk persiapan dari sekolah swasta ke sekolah negeri. Pada tahun yang sama, lokasi SMEA tersebut  pindah ke Gunung Belah dengan bangunan gedung swadaya masyarakat, yang menjabat kepala sekolah kala itu yaitu bapak Mudjasi Sandiman, B.A.
Pada tahun 1977 SMEA Harapan yang awalnya sekolah swasta beralih menjadi sekolah negeri, yang menjabat kepala sekolah pada saat itu adalah bapak Abdul Manaf, B.A. Ditahun yang sama, dilakukan pergantian Kepala Sekolah SMEA Negeri dari  bapak Abdul Manaf, B.A. kepada bapak Abdussamad.  Pada Tahun 1985 SMEA Negeri memiliki gedung baru (permanen) dibangun dengan menambah 2 jurusan baru yaitu; Koperasi, dan Perkantoran. Jadi total jurusan yang dimiliki SMEA Negeri Tarakan ada 4 jurusan yaitu jurusan; Tata Buku, Tata Niaga, Koperasi, dan Perkantoran.
Pada tahun 1990, terjadi penggantian kepala sekolah, dari bapak Abdussamad kepada bapak Drs. Sahat Manullang.  Jurusan yang ada yaitu: Tata Buku, Tata Niaga, Koperasi, dan Perkantoran.  Pada tahun 1993 jurusan Koperasi ditutup.  Tahun 1994 terjadi perubahan kurikulum dengan perubahan nama sekolah menjadi Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK) yang berlaku di seluruh Indonesia dan perubahan  nama  jurusan menjadi Jurusan; Akuntansi,  Manajemen  Bisnis,  dan Sekretaris. Tahun 1999 dengan edisi baru kurikulum, perubahan nama Manajemen Bisnis menjadi Penjualan.   
Pada tahun 2002 terjadi pergantian kepala sekolah dari bapak Drs. Sahat Manullang kepada bapak Drs. Milson Milkias. Jurusan/program keahlian pada waktu itu terdiri dari Program Keahlian; Akuntansi, Sekretaris, dan Penjualan.
SMK 1 Tarakan
Pada tahun 2003 SMK Negeri 1 Tarakan membuka 2 Program Keahlian baru yaitu; Akomodasi Perhotelan, dan Usaha Jasa Pariwisata. Kemudian pada tahun 2009 SMK Negeri 1 Tarakan kembali membuka Program Keahlian baru yakni; Jasa Boga.   Pada tahun 2010 (perubahan Spektrum Kurikulum) dengan perubahan nama Program Keahlian menjadi Kompetensi Keahlian serta perubahan nama Kompetensi Keahlian; Sekretaris menjadi Administrasi Perkantoran, Penjualan menjadi Pemasaran, dan Usaha Jasa Pariwisata menjadi Usaha Perjalanan Wisata (UPW).
Pada tanggal 5 Oktober 2011 terjadi pergantian kepala sekolah dari bapak Drs. Milson Milkias kepada bapak Drs. Sriyono. Dan sekitar bulan pebruari 2014 terjadi pergantian kepala sekolah dari bapak Drs. Sriyono ke bapak I Nengah Pariana, S.Pd., M.Pd..
Sampai saat ini, kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Tarakan terdiri dari 6 Kompetensi Keahlian yaitu; Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Akomodasi Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata, dan Jasa Boga. 
Luas lahan SMK Negeri 1 Tarakan yaitu 24.345 m2.  Sekolah ini terletak di jalan P. Diponegoro Kelurahan Pamusian Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan Kalimantan Timur.

0 comments:

My Photo
Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia
" Less speak more action "
trims gan atas kunjungannya